Sabtu, 09 Juni 2012

kerusakan TV Polytron


Re: rahasia polytron stand by
TV POLYTRON MINIMAX series mempunyai masalah klasik, yaitu kerusakan yang pertama kali terjadi sejak tv baru di operasikan / dibeli.
Mulai generasi minimax produsen polytron ( PT.Hartono istana electronic ) membuat rancangan power supply jenis baru dari yg sebelumnya menggunakan TR reg type: D1877/78 dengan rangkaian baru menggunakan trafo jenis baru dan transistor power reg. nya berjenis FET yaitu :FS5KM/FS 7UM / FS 10UM.
Masalah yg sering terjadi pada regulator jenis ini adalah : kalau boleh saya katakan "cacat produksi " karena pada komponen regulator untuk mensupply tegangan driver horisontalnya menggunakan kapasitas 10uF/63Volt.Padahal kalau kita lihat di mainboard nya, ukuran untuk kapasitor ini cetakan nomor komponen dan jarak kaki kapasitor tersebut seharusnya menggunakan kapasitas yg lebih besar lagi ( contoh pada type MINIMAX MX 1452 MG ) terlihat di kapasitor nomor : C 507 ( 10uF/63V).
Akibatnya kadang terjadi drop supply tegangan 50Volt untuk driver horisontal setelah melewati dua buah resistor 470 ohm/2watt ke tarfo driver horisontal.menyebabkan kondisi pesawat TV selalu dalam keadaan standby.
Inilah kerusakan yg sering terjadi dan pertamakali sebelum kerusakan yg lain.Jika anda mendapatkan kasus seperti ini dimana kadang tv sangat sulit dinyalakan,meskipun pada kondisi tertentu bisa hidup,tapi lebih sulit menyala,maka ikuti tip's saya berikut ini.
Ganti kapasitor tersebut ( c507 pada seri MX1452MG) atau sangat mudah anda cari untuk type yg lain, yaitu elco yg terdekat dengan dua buah elco besar ( 1000 uF/50v) di depan regulator berkapasitas 10uF/63V, di ganti dengan elco 100uf/63V atau 100uF/100V.
Saya jamin tv dapat beroperasi secara normal
...


Kerusakan  POLYTRON MINIMAX
 
1- TV standby karena program tidak bekerja disebabkan karena suply tegangan di IC program/control drop bila kita ukur tidak ada 5V pada saat kita hidupkan. Ini disebabkan karena elco 10uf63V melemah. Pada saat standby pada titik elco tsb ada 8 - 10v dan setelah tv hidup akan naik menjadi 50v untuk suply TR Horizontal driver.

2- R 330 ohm/  DZ5,6V / TR C2328A pada regulator 5V suply IC Program sering rusak disebabkan gagalnya TR swicth B1186A/A1023 memutus arus dari tegangan 50V tadi, karena setelah tv on Suply IC program hanya dari 12/14V pada output inverter. Solusinya kurangi tegangan Basis C1815 (drive TR A1023) dengan mengecilkan R530 dan R517 R dari pin Power on/off ic program yang tadinya 10K menjadi 5K6. Pada saat OFF ada tegangan 5v dan pada saat ON menjadi 0v.
Rusaknya komponen2 tsb juga bisa mengakibatkan DZ5V pada PCB panel tombol ikut short.
Hilangnya tegangan 5v untuk tegangan IC program mengakibatkan tv menyala blank putih tanpa raster dengan layar menyempit kiri dan kanan.

3- Pertama tekan power tv hidup dan ada gambar setelah beberapa detik kemudian tv standby. Ini sering terjadi pada tv polytron generasi sesudah minimax yang menggunakan satu IC (Program dan gambar). Pada kasus seperti ini masih sama dengan tv2 merek lain disebabkan karena ada gangguan di IC vertical sehingga protek. Ganti elco yg terhubung ke pin IC yg ada tulisan PROTECT. Pada pin tsb harus ada tegangan 4 atau 5v. Pada IC vertikal ganti elco 50v1uf dan elco 50v10uf.


4- Kerusakan power suply sering terjadi karena DIODA R3GP/ R6GP 29 inch pada tegangan B+ sering short yang mengakibatkan Shortnya TR fet S7N60A/ FS 7UM/ FS1OKM disertai rusaknya komponen pendukung seprti R, TR dan DIODA.
Kerusakan yang sama juga bisa disebabkan karena optocoupler.
Salah mengganti dioda pada rangkaian regulator bisa menyebabkan Power suply drop.

5- Selain kerusakan seperti diatas masih banyak lagi kerusakan2 lainnya seperti:
Hilang suara yang disebabkan IC AN5891K rusak, atau kerusakan yang disebabkan rusak DATA atau corupt.

11 komentar:

  1. Salam kenal kang, saya wahidin
    Saya Mohon pencerahannya,
    Saya ada masalah dengan tv polytron minimax mx 5135 yang tegangannya drop semua, B+31v, vertical 0 v, 50v menjadi 15v, teg audio 15v menjadi 9v, 12v menjadi 1,6v. Sudah hampir semua elco yang berhubungan dengannya saya ganti, tapi tetep nihil.
    tv polytron ini pake subwafer, selagi nurmal sering saya geber volume hingga 60%, Di akhir akhir hidupnya tv menyempit kanan kiri kirakira 2cm, kemudian gak mau start, setelah saya bongkar Dan melakukan pengcekan tegangan, B+ 100v, 50v menjadi 10v, 12v menjadi 1,8v kemudian saya lakukan reboisasi elco Dan hasilnya hingga sekarang masih seperti yang saya ceritakan Di atas.
    Mohon saran Dan solusinya,
    Terimakasih sebelumnya
    Salam hormat buat akang Dan semua para master.

    BalasHapus
  2. sudah tidak rahasia lagi sudah di bagi bagi salam Solder dari Oktora Service

    BalasHapus
  3. Makasih tipnya.politron minimax pasienku beres.c 507 ampuh

    BalasHapus
  4. wahidin.
    itu tenganganya saat tv stanby ap on...

    BalasHapus
  5. tv polytron mx5102.. b saya parael pakai lampu dop 100watt .semua votl drop
    jika. di lepas kemudian di on kan volt normal ,tapi hanya 5detik ,trs stanby
    jika B disambungkan ke playback R nya lsg kebakar, padhl TR horysontal baru..
    apa mungkin playback nya russak??

    BalasHapus
  6. tipnya luar biasa , ringkas,praktis dan pasti

    BalasHapus
  7. KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.

    KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.


    KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.

    BalasHapus
  8. Salam kenal dan sejahtera bang admin mohon maaf sblmbya saya mau tanya tv Sharp q vision 14" hilang warna dan yg ada cm warna biru mohon solusinya gan trims.

    BalasHapus
  9. mas mau nanya,kalo tv politron lama baru hidup itu apanya yang rusak. mohon bantuannya bang

    BalasHapus
  10. oke min, makasih banyak sudah share ilmunya
    solder uap

    BalasHapus