Sabtu, 15 Oktober 2011

analisa flyback rusak


cara mengetahui playback rusak
jarang sekali bahasan tentang komponen yg satu ini. tidak terlalu lengkap mudah mudahan bisa membantu buat yg baru belajar.

ciri ciri playbek rusak
1. tv standby terus tidak mau hidup
2. walaupun hidup transistornya panasnya berlebihan
3. terdengar suara berderit regulator kelebihan beban
 4. permukaan playbeck ada benjolan, retak sehingga terjadi kebocoran.
5. ketika tv normal tp terdengar suara mendesah dan bau tertentu, mungkin terjadi kebocoran ringan. kita bisa mengatasiny dgn menganti karet yg menepel ke layar. bila kabelnya yg sudah jelek kita bisa melilitnya dgn lakban, atau dgn cara dimasukan ke selang yg sesuai ukurannya, jgn lupa mmbersihkan untuk menghilangkan kotor, bisa dgn tiner.
6.cara mengukur playbek dgn avo meter. Tidak semua playbek yg rusak bisa di ukur. Gunakan avometer meter yg bisa mengukur di atas 100k ohm ditandai dgn sweet avo mengarah ke x10k. Ingat ketika pengukuran tangan kita jgn menempel dua2nya mnempel pada pin avo,krena mempengaruhi hasil pengukuran, Playbek bisa dianggap rusak ketika inti besi perit, pin kaki playbek dan kabel out playbek, dihubungkan ke pin avometer udah mempunyai nilai hambat walaupun sangat kecil diatas 100k ohm, ukur scara bergantian ketiga bagian tadi. Playbek bisa dikatakan masih bagus ketika antara ketiga bagian tadi tidak mmpunyai nilai hambat sama skali (netral). Maaf bahasanya masih rancuh.

1 komentar: