Selasa, 18 Oktober 2011


Showcase kebanyakan digunakan pada tempat-tempat perbelanjaan seperti super market, mini market, mall, dll. Showcase merupakan salah satu dari jenis mesin pendingin yang memiliki ciri-ciri pintu dan body transparan yang berfungsi untuk menampilkan isi didalam showcase, hal ini bertujuan agar produk yang dipajang dalam showcase dapat terlihat dari luar tanpa membukanya sehingga suhu dalam showcase tidak terbuang. Untuk itu jika pintu showcase tertutupi embun maka hal ini sangat mengganggu karena fungsi utama showcase yaitu untuk memamerkan isi dalam showcase jadi tidak maksimal karena tertutupi embun, lalu apa penyebab pintu showcase mengembun? Embun merupakan titik-titik air yang terbentuk karena udara yang mengandung uap air tidak lagi sanggup menahan kandungan air dalam udara sebab udara telah mencapai batas suhu terendah udara dapat menahan uap air. Hal yang sama juga terjadi pada showcase tetapi untuk mencegah agar embun tidak menempel pada pintu, showcase dilengkapi pemanas yang berfungsi menghangatkan pintu showcase, sehingga uap air disekitar pintu showcase tidak dapat menjadi embun karena suhu udara tidak dapat mencapai suhu terendah udara sanggup menahan uap air. Oleh karena itu ketika pemanas pintu showcase tidak bekerja maka suhu pintu akan menurun mengikuti suhu dalam showcase sehingga uap air disekitar pintu akan menjadi embun. Untuk mengetahui kenapa pemanas tidak bekerja harus dilakukan pengecekan tahanan elemen pemanas dengan menggunakan ohm meter jika terdapat tahanan yang cukup besar maka elemen pemanas bagus tetapi kalau terlalu besar atau terlalu kecil maka elemen pemanas rusak, lakukan pula pengecekan pada terminal dan pastikan arus listrik mengalir pada elemen pemanas.
Demikian penyebab pintu showcase mengembun.
Rabu, 07 September 2011
Jika pada posting sebelumnya telah dibahas mengenai [Cara Kerja Pemanas Air Pada Dispenser] maka pada posting kali ini akan membahas mengenai Cara Kerja Pendingin Air Pada Dispenser. Pada umumnya proses pemanasan dan pendinginan air pada dispenser berawal dari tampungan air pertama yang berfungsi untuk membagi air yang selanjutnya akan diproses menjadi air panas dan air dingin. Proses pendinginan air pada dispenser pada umumnya dibedakan menjadi 2 yaitu:
  1. Pendinginan Air dengan Fan
    proses pendinginan air menggunakan fan dilakukan dengan cara menghisap suhu tinggi pada air ketika air berada pada tampungan air kedua yang letaknya berada dibawah tampungan air pertama, namun pada kenyataannya fan hanya alat bantu untuk mempercepat pembuangan panas pada air, sehingga temperatur air hanya akan turun sedikit saja. Setelah melewati tampungan air kedua air akan dikeluarkan melalui keran dan siap untuk diminum.
  2. Pendinginan Air dengan Sistem Refrigran
    pendinginan air pada dispenser menggunakan sistem refrigran sama seperti sistem refrigran pada kulkas hanya saja evaporatornya dimasukkan kedalam tampungan air kedua yang berada dibawah tampungan air pertama, sehingga air disekitar evapurator akan menjadi air dingin. Hasil pendinginan air pada dispenser menggunakan sistem refrigran lebih maksimal dibandingkan pendinginan air menggunakan fan. Setelah air melalui proses pendinginan pada tampungan air kedua, air akan mengalir dan keluar melalui keran.
Demikianlah cara kerja pendinginan air pada dispenser, beberapa dispenser proses pendinginan dilakukan pada tampungan air yang pertama, sehingga tampungan air yang kedua tidak ada.


Senin, 22 Agustus 2011

Dispenser merupakan alat untuk mengalirkan air dari galon air kedalam cakir/gelas namun saat ini dispenser memiliki fungsi tambahan diantaranya untuk memanaskan air, bagaimana cara kerja pemanas air pada dispenser? Proses air mengalir dari galon yang bersuhu normal hingga sampai kedalam cangkir/gelas yang bersuhu panas melalui beberapa komponen mulai dari galon air kemudian mengalir kedalam tampungan yang kemudian mengalir kedalam tabung pemanas dan kemudian air mengalir dalam keadaan panas melalui keran, proses pemanasan air terjadi pada saat air masuk kedalam tabung pemanas. Tabung pemanas merupakan tabung yang terbuat dari logam yang disekitar tabung tersebut dikelilingi oleh elemen pemanas, sehingga ketika air mengalir dari tampungan menuju tabung pemanas sensor suhu yang ada pada tabung pemanas akan memicu elemen pemanas untuk bekerja, suhu tinggi yang dihasilkan elemen pemanas diserap oleh air yang suhunya lebih rendah, setelah suhu air dalam tabung pemanas tinggi maksimal sensor suhu yang ada pada tabung pemanas akan memutuskan arus listrik pada elemen pemanas, pada saat elemen pemanas menyala lampu indikator pemanas menyala dan pada saat elemen pemanas mati lampu indikator pemanas mati. Setelah lampu indikator pemanas mati dan air pada tabung pemanas sudah mencapai suhu tinggi maksimal maka air panas siap digunakan. Yang perlu diingat ketika menyalakan pemanas pada dispenser adalah pastikan air pada tabung pemanas penuh, sebab jika tabung pemanas dalam keadaan kosong dan elemen pemanas bekerja maka suhu tinggi yang dihasilkan oleh elemen pemanas tidak terserap oleh air dan akan merusak tabung pemanas dan komponen lain disekitar tabung pemanas karena terkena panas yang terlalu tinggi.
Itulah cara kerja pemanas air pada dispenser.


Minggu, 21 Agustus 2011
Ac split merupakan alat untuk mensirkulasikan udara dan menurunkan temperatur udara dalam sebuah ruangan untuk itu ac split yang dingin maksimal merupakan harapan setiap orang ketika memasang ac split. Untuk mewujudkan harapan tersebut tentu perlu dilakukan langkah-langkah yang tepat sebagai berikut:
  • Posisi Indoor Unit dan Outdoor Unit
    dibalik ac split yang lebih flexibel dibanding ac ruang lainnya dilihat dari segi pemasangan indoor unit dan outdoor unit yang dapat diletakkan sesuai keinginan tentu saja pemasangan yang kurang baik dapat mengurangi kemampuan ac split, untuk itu ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika memasang ac split agar ac menjadi lebih awet dan ac dapat bekerja secara maksimal seperti posisi indoor unit harus lebih tinggi dari outdoor unit, sirkulasi udara pada sekitar indoor unit dan outdoor unit harus lancar, posisi outdoor unit sebaiknya tidak terkena matahari secara langsung [pemasangan ac ruang yang baik].
  • Sirkulasi Udara
    sirkulasi udara dari dalam ruangan keluar ruangan juga sangat mempengaruhi sebab jika udara dalam ruangan dapat bersirkulasi keluar ruangan dengan bebas maka temperatur dalam ruangan akan terbuang keluar ruangan, untuk itu jika sebuah ruangan dipasang ac sebaiknya semua fentilasi udara ditutup dan pintu sebaiknya selalu tertutup sehingga sirkulasi udara dari dalam ruangan keluar ruangan semakin sedikit, selain menghambat proses pendinginan ruangan sirkulasi udara yang terlalu bebas juga mengakibatkan indoor unit cepat kotor karena udara yang masuk kedalam ruangan membawa debu.
  • Perawatan
    perawatan yang teratur merupakan hal yang sangat penting untuk menjaga keawetan ac dan kualitas udara dalam ruangan, perawatan ac meliputi membersihkan indoor unit dan outdoor unit [cara membersihkan ac split], pengecekan arus dan tegangan, pengecekan dan pengisian freon. Hal ini harus dilakukan secara teratur agar ac selalu dalam kondisi prima.
Demikianlah cara menjaga ac split dingin maksimal.
Selasa, 16 Agustus 2011
Kulkas dua pintu merupakan kulkas yang memiliki sistem yang lebih baik dari pada kulkas satu pintu untuk itu cara membersihkannya juga berbeda dari kulkas satu pintu. Bagaimana cara membersihkan kulkas dua pintu? Dan bagaimana cara menghilangkan bau tidak sedap pada kulkas dua pintu? Berikut ini cara yang aman untuk membersihkan kulkas dua pintu:
  1. Pastikan keselamatan kerja sebelum memulai membersihkan kulkas yaitu dengan cara memutuskan kulkas dengan sumber listrik hal ini dilakukan untuk menghindari terjadinya hubung singkat dan kesetrum. Lepas semua rak yang ada pada kulkas dan cuci bersih.
  2. Untuk membersihkan freezer atau pintu atas buka penutup evapurator, kemudian jika evapurator kotor bersihkan menggunakan kuas halus, bila perlu bersihkan dengan sabun cair, bersihkan juga dinding freezer kemudian siram dengan air bersih, setelah itu periksa saluran pembuangan air jika air bekas untuk membesihkan evapurator keluar dari selang pembuangan air dan masuk ketampungan air yang berada diatas kompresor maka saluran air normal tetapi jika air mengalir ke bagian chiller atau pintu bawah maka hal ini terjadi karena saluran air tersumbat, untuk membersikannya semprot selang saluran pembuangan air dengan air bertekanan, setelah itu bersihkan saluran udara yang menghubungkan antara freezer dengan chiller dengan cara menyiran dengan air hangat hal ini dilakukan karena pada saluran udara merupakan tempat yang paling sering menimbulkan bau tidak sedap sebab bentuk saluran udara yang datar sehingga apabila ada cairan bekas minuman atau makanan yang masuk pada saluran udara akan mengendap dan menimbulkan bau tak sedap, saluran udara terletak didepan evapurator. Yang perlu diperhatikan ketika membersihkan freezer kulkas dua pintu adalah hidarkan sambungan kabel dan fan dari air, kemudian berhati-hati pada heater yang mudah pecah karena dilapisi kaca yang terletak pada bagian bawah evapurator.
  3. Untuk membersihkan chiller atau pintu bawah yang perlu diperhatikan adalah mengamankan fiting lampu agar tidak terkena air, untuk membersihkan chiller kulkas dua pintu buka penutup saluran udara dan bersihkan tetapi berhati-hati karena terdapat sensor suhu pada saluran udara tersebut. Untuk membersihkan dinding-dinding chiller dapat menggunakan sabun cair kemudian bilas dengan air bersih.
  4. Untuk bagian luar kulkas sebaiknya dibersihkan dengan sedikit air hal ini agar komponen-komponen yang ada dibagian belakang kulkas tidak terkena air, bersihan pula karet pintu yang terletak diantara pintu dan body kulkas menggunakan kain kering yang bersih.
  5. Setelah itu keringkan seluruh bagian kulkas yang terkena air, sebelum kulkas dirangkai kembali periksa komponen-komponen listrik dan sambungan kabel agar bebas dari air. Kemudian kembalikan bagian-bagian kulkas seperti semula dan kulkas siap dinyalakan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar